Transit Elevated Bus, Bus Anti-Macet ala China

shares |

Loading...

Kemacetan adalah masalah di China. Tapi kalau liburan ke China, traveler nanti bisa mencoba bus jenis baru yang anti macet. Busnya tinggi, bisa melewati jejeran mobil macet di bawahnya. Aneh atau inovatif?

Bayangan bus tinggi yang bisa melangkahi mobil dan berjalan tanpa hambatan bukanlah impian belaka. Karena China baru saja meluncurkan Transit Elevated Bus yang bebas macet.

Bus adalah salah satu kendaraan umum yang sering digunakan para penduduk kota, begitu juga oleh para traveler. Meski bus memiliki jalur steril sendiri, kadang masih terkena macet juga.

Kadang suka terbayang, bagaimana jadinya jika ada kendaraan yang bisa menyalip mobil-mobil yang sedang terkena macet. Akhirnya China pun mewujudkan bayangan tersebut. Baru ini mereka meluncurkan inaugural tes Transit Elevated Bus.

Ditengok dari BBC, Kamis (4/8/2016), ini adalah bus dengan badan yang lebar dan kaki yang tinggi. Saking lebarnya, bus ini bisa berjalan di area jalan raya terluar. Bayangkan saja, panjangnya mencapai 21 meter dan lebarnya mencapai 8 meter.

Penumpang yang bisa diangkut dalam sekali jalan mencapai 300 orang. Saat ini jalurnya baru sepanjang 300 meter saja dan baru ada di Qinhuangdao. Namun akan lebih panjang lagi pada tahun depan. Karena rencananya bus super unik ini akan meluncur pada bulan Mei tahun depan.

Bus ini bisa menghemat banyak ruang di jalan raya. Sehingga tidak perlu menambah macet jalan yang sudah macet. Ditambah, bentuknya yang tinggi bisa menyelamatkan penumpang dari kemacetan.

Menurut perusahaan yang memproduksi bus ini, satu Transit Elevated Bus ini bisa mengganti 40 bus konvensional. Namun sampai saat ini masih belum jelas apakah Transit Elevated Bus akan digunakan di banyak kota di China. Masih menjadi misteri.

Yang pasti, wajib coba naik bus yang satu ini kalau sedang ke China ya!


0 comments: