Coding Masuk Kurikulum SMK?

shares |

Loading...

Hai sobat danifin, sudahkan anda mendengar tentang info coding dimasukkan dalam kurikulum SMK?

Menkominfo Rudiantara mengaku telah sepakat dengan Anies Baswedan yang saat itu masih menjabat sebagai Mendikbud untuk memasukkan coding ke dalam kurikulum SMK. 

Dengan program ini ia berharap lulusan SMK bisa mendukung pertumbuhan startup di Indonesia dengan cepat.

"Saya dengan Pak Anies sudah deal, coding yang menjadi salah satu unsur seseorang menjadi engineer menjadi talent, bisa masuk ke kurikulum SMK mulai tahun 2016," ujar Rudiantara.

Hal ini disampaikan Rudiantara di acara Gerakan Nasional 1000 Startup Digital di gedung Grha Sabha Pramana Universitas Gadjah Mada (UGM), Sleman, Sabtu (13/8/2016) petang.

Namun dengan digantinya Anies Baswedan tentu jadi pertanyaan, bagaimana nasib program kurikulum coding untuk anak SMK tersebut? Namun sepertinya Rudiantara tak terlalu risau.

Chief RA — demikian menkominfo biasa disapa — berencana untuk menindaklanjuti kesepakatan ini dengan mendikbud yang baru yaitu Muhadjir Effendy. Bahkan, Rudiantara mengaku tak masalah jika dia harus terkesan mengejar sang mendikbud baru.

"Kita tidak mau SMA. Maunya lulusan SMK masuk ke industri, bisa mendukung startup dengan cepat," imbuh Rudiantara.

Hal ini berkaitan dengan ketersediaan talenta di bidang startup di Indonesia yang masih banyak dibutuhkan. Menurut Rudiantara, seolah-olah ada banyak talenta namun ternyata startup kerap kebingungan karena tak ada talenta. Nah, itu masalahnya.

"(ternyata) Talent-nya nggak ada, engineer-nyanggak ada," sesalnya.

Semoga info ini bermanfaat bagi anda pembaca artikel ini.

Sumber: detik.co.id

0 comments: