10 Tips Menjadi Menantu yang Baik Disayang Mertua

shares |

Loading...

Hubungan antara menantu perempuan dengan ibu mertua memang cukup sulit dibina dengan baik. Jika Anda juga merupakan salah satu wanita yang ingin menjadi menantu yang baik agar dapat meningkatkan kualitas hubungan dengan mertua, simak tipsnya seperti yang akan saya jelaskan sebagai berikut:

Kesamaan
Perlakukan mertua seperti ibu Anda sendiri. Misalnya jatah mengunjungi harus seimbang antara ibu sendiri dan mertua bersama anak-anak. Atau hadiah yang diberikan kepada ibu sendiri dan mertua ketika mereka berulang tahun harus seimbang.

Bersikap positif
Sama seperti menantu, mertua juga merasakan pengalaman pertama menghadapi istri dari anaknya. Jadi cobalah bersikap positif karena mertua pun sebenarnya berusaha sebaik mungkin menjadi ibu yang baik bagi anak-anaknya.

Kompetisi
Tanpa disadari, beberapa mertua memang terlihat seperti ingin berkompetisi dengan menantunya. Misalnya, jika mertua berkata masakan mereka adalah yang terhebat, jangan mengunggulinya. Anda justru harus rendah hati dan bertanya apa resep dari masakan tersebut untuk membesarkan hati mertua. Ingat menyenangkan hatinya akan mendapatkan pahala juga lho.

Harapan
Beberapa menantu disambut baik oleh keluarga dari suami. Namun jika Anda bukan termasuk menantu yang demikian dan dianggap jauh dari harapan, jangan putus asa. Berikan mereka waktu untuk mengenal Anda dengan lebih baik. Batu yang keras akan luluh oleh air yang lembut.

Menghormati
Ibu mertua biasanya lebih tua dari Anda. Jadi berusahalah untuk menghormati semua saran-saran dan perkataannya. Meskipun Anda tidak setuju, dengarkan saja dan tidak perlu membantahnya dengan keras, karena dia juga orangtua dari suami.

Perhatian
Perhatikan apa keinginan ibu mertua, jika beliau ingin jalan-jalan, maka temani sesuai keinginannya. Jika mertua ingin membantu Anda memasak, biarkan saja. Dengan begini Anda juga akan mendapatkan nilai plus-plus sebagai menantu.

Prioritas
Jadikan ibu mertua sebagai prioritas utama tentang apa yang terjadi dalam kehidupan rumah tangga Anda. Misalnya selalu membagi foto anak-anak atau kabar gembira bagi mereka. Mertua suka melihat foto dari cucunya.

Saran
Ketika mertua memberi saran, dengarkan dengan baik. Tunjukkan Anda menghormati beliau meskipun terkadang sarannya tidak begitu baik. Jika tidak setuju, coba sampaikan pendapat dengan sopan dan jangan langsung menyerangnya.

Anak-anak
Sekali-kali, titipkan anak kepada ibu mertua. Terkadang mertua menganggap cucu sebagai keluarga yang lebih berharga daripada anak. Anak anda juga pasti senang jika bisa berkumpul dengan neneknya.

Komunikasi
Jika ada hal buruk yang terjadi, Anda bisa mulai terbuka dengan suami sekaligus mertua. Sebab jika Anda hanya diam saja, segala sesuatu yang terpendam akan melukai diri Anda dan orang lain. Membicarakannya bersama bisa membantu masalah segera terselesaikan.

Demikian berbagai cara untuk menjadi menantu yang lebih baik. Semoga kualitas hubungan Anda dan mertua semakin berkualitas! Amiin

0 comments: