Tips Efektif Menghemat Baterai Smartphone

shares |

Loading...

Daya baterai smartphone anda cepat habis? sedangkan pekerjaan menuntut Anda selalu mobile/bergerak aktif sehingga tidak bisa selalu menemukan stop kontak untuk mengisi ulang tenaga? Membawa charger portable/powerbank mungkin menjadi salah satu solusinya, namun terkadang hal itu membuat tas malah bertambah berat. 

Tahukah Anda, ada beberapa trik yang bisa anda lakukan untuk menghemat baterai ponsel? "Tidak ada rahasia yang ajaib, tapi memang ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar baterai tahan lebih lama," ujar Paul Shearing, insinyur teknik kimia di University College London, seperti dikutip dari Daily Mail.

Meskipun tidak terlalu signifikan tapi cara-cara ini dapat sedikit menambah 'umur' baterai ponsel Anda. Ini macam-macam tips yang disarankan oleh Paul. 

1. Non-aktifkan Aplikasi
Smartphone akan menggunakan banyak tenaga agar aplikasi-aplikasi di dalamnya tetap bekerja. Untuk lebih menghemat baterai, sebaiknya matikan aplikasi yang tidak sedang Anda gunakan. Aktifkan kembali hanya saat Anda ingin memakainya agar baterai awet. 

2. Tutup 'Location Services'
Fasilitas smartphone yang menggunakan GPS juga bisa memakan daya baterai ponsel. Misalnya Google Maps, Games (ex:Pokemon Go) atau Waze. Ketika tidak memakai peta digital, sebaiknya non-aktifkan GPS agar baterai ponsel bisa tahan seharian.

3. Matikan Notifikasi
Notifikasi untuk email yang baru masuk, update social media seperti Facebook, Twitter dan Instagram termasuk yang cukup banyak menyedot energi membuat baterai cepat habis. Untuk aplikasi yang sekiranya tidak terlalu darurat, sebaiknya matikan notifikasi aplikasi yang kurang diperlukan.

4. Update Software
Ada alasannya kenapa Anda disarankan selalu update software ponsel. "Kebanyakan ponsel ditanami software yang dirancang untuk menghemat energi dan memaksimalkan daya baterai," ujar Paul.

Oleh karena itu pengguna harus selalu update software ponsel mereka ke versi terbaru. Baik itu iOS, Android atau sistem operasi lainnya. 

5. Matikan Bluetooth
Koneksi Bluetooth menggunakan perangkat nirkabel untuk terhubung dengan speaker, gadget fitnes atau jam pintar (smartwatch). Jika dibiarkan menyala terus, Bluetooth juga bisa menguras baterai. Jadi sebaiknya matikan jika tidak diperlukan. Nyalakan jika sedang butuh saja.

6. Turunkan Cahaya pada Layar
Lebih terang cahaya pada LCD, maka lebih banyak baterai yang digunakan. Agar lebih hemat baterai, atur pencahayaan menjadi lebih redup.

7. Andalkan Wi-fi
Mengakses data dengan koneksi Wi-fi lebih menghemat baterai ketimbang koneksi jaringan mobile. Jadi di manapun Anda berada, jika tempat tersebut menyediakan fasilitas Wi-fi maka tidak ada salahnya menggunakannya untuk memperpanjang daya pakai baterai smartphone anda. Dan pastikan sinyal Wi-Fi full bar karena jika sinyal kecil membutuhkan daya yang lebih untuk mengakses Wi-Fi.


0 comments: