Trik Sehat Agar Lebih Tahan Lapar

shares |

Loading...
Kalau sudah niat berpuasa, meski melihat dan mencium aroma makanan sebanyak apapun tidak akan tergoda. Tapi jika ingin lebih tahan lapar, ada trik sehatnya.

Berikut ini aneka trik sehat agar lebih tahan lapar, dirangkum danifin dari berbagai sumber:

1. Memasukkan Asupan Tinggi Protein
Dalam menu sahur Anda, masukkanlah asupan yang tinggi protein agar lebih tahan lapar di siang dan sore hari. Para ahli mengatakan menu kaya protein seperti daging, kacang-kacangan dan telur dapat meningkatkan kadar dopamin, zat kimia dalam otak yang mengatur nafsu makan.

Pakar gizi Leona Victoria Djajadi, BSc, MND menyarankan konsumsi oatmeal dan menambahkan protein (susu low fat) sebagai bahan pengencernya. Penambahan protein ini menurut Victoria akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

2. Makan Buah dengan Kulitnya
dr A.R Inge Permadhi, MS, SpGK dari Siloam Hospital beberapa waktu lalu menuturkan buah-buahan dapat membantu tubuh agar tak mudah lapar. Ini karena buah-buahan memiliki serat yang tinggi.

Staf pengajar Departemen Ilmu Gizi FKUI itu pun menegaskan bahkan manfaat buah tersebut akan makin besar bila dikonsumsi berikut kulitnya, terutama untuk buah apel, pir, dan anggur.

Sementara Dr dr Fiastuti Witjaksono, MSc, MS, SpGK pernah menyarankan untuk memilih buah dengan indeks glikemi rendah. Tujuannya, untuk menjaga kadar glukosa darah lebih stabil sehingga perut merasa kenyang lebih lama.

Data USDA Nutrient Database menunjukkan buah yang mengandung serat tinggi antara lain delima (4 gram), kiwi hijau (3 gram) cranberries (4,6 gram), apel (2,4 gram), dan pir (3,1 gram).



3. Makan Makanan Kaya Serat
Makanan kaya serat dipercaya bisa membuat seseorang lebih tahan lapar. Ya, makanan-makanan yang sifatnya bertahan lama di usus adalah yang kaya akan serat.

Selain buah, Anda bisa makan sayur dan kacang-kacangan. Salah satu sayur yang bisa dipiluh adalah wortel karena diketahui mengandung tinggi serat, vitamin, mineral dan nutrisi penting lainnya. Dalam secangkir wortel mentah cincang mengandung 50 kalori, 1 gram protein, 12 gram karbohidrat, 3,5 gram serat dan tidak ada lemak atau kolesterol.

Dianjurkan pula untuk makan saat mendekati imsak. Dengan begitu, seseorang lebih tidak mudah lapar karena bisa lebih panjang makanan dalam lambung.


4. Minum Air Putih
Saat sudah mengonsumsi makanan kaya serat, minumlah air putih dalam jumlah cukup. "Serat jika digabungkan dengan air akan mengental seperti agar atau gel yang dapat mengembang di dalam lambung. Inilah yang membuat perut akan menjadi kenyang seharian. Karena serat ini akan masuk ke dalam aliran darah dengan cara perlahan," terang dr Inge.

5. Minum Susu
Menambahkan susu di menu sahur juga dianjurkan agar kenyang tahan lebih lama. Selain menambah energi, susu juga membuat perut terasa lebih kenyang.

"Jangan minum minuman yang memiliki kadar gula yang terlalu tinggi karena dapat membuat ngantuk. Minum susu juga baik sekali. Karena susu dapat membuat lambung lebih cepat kenyang dan berenergi," ujar dr Inge beberapa waktu lalu.

0 comments: