Tips Mengatur Keuangan Bagi Pasangan Muda

shares |

Loading...

Dalam memulai sebuah biduk rumah tangga, ada baiknya kamu para pasangan muda untuk saling mengerti satu sama lain, baik itu dalam aspek kepercayaan, kejujuran dan yang paling penting adalah keuangan. 

Perlu diketahui oleh para pasangan muda bahwa permasalahan rumah tangga kerap terjadi karena permasalahan keuangan keluarga. Tantangan keuangan merupakan suatu tantangan yang mesti diantisipasi oleh para pasangan muda, agar keutuhan rumah tangga tetap terjaga.

Namun kerap kali para pasangan muda masih belum siap untuk lebih terbuka lagi mengenai kondisi keuangan pribadinya kepada pasangan. Padahal keterbukaan dalam segi keuangan seperti ini merupakan salah satu aspek penting dalam hubungan keluarga. 

Urusan keuangan tidak hanya diatur oleh perempuan saja melainkan kedua belah pihak. Guna membantumu dalam mengelola keuangan bersama pasangan berikut beberapa tips keuangan yang mesti kamu lakukan.

Buat Anggaran Bersama
Sebagai pasangan yang baru menikah, ada baiknya kamu dan pasangan untuk segera menyusun anggaran bersama, yang dapat digunakan sebagai persediaan dana untuk kebutuhan-kebutuhan khusus dimasa yang akan datang. Anggaran seperti ini bisa tersusun atas 25 persen pendapatan yang diterima oleh kamu dan pasanganmu setiap bulan.

Tabungan Terpisah
Agar tidak mengganggu anggaran pengeluaran keluarga, maka ada baiknya kamu dan pasangan juga memiliki tabungan masing-masing yang berfungsi sebagai penyedia anggaran kebutuhan pribadi.

Tabungan Masa Depan
Terapkan hidup hemat ketika menikah, dengan memperbanyak tabungan yang dimiliki. Ketika melakukan penyusunan anggaran rumah tangga, pastikan untuk memperhitungkan pula sisa anggaran yang berhasil kamu dapatkan dari pengeluaran-pengeluaran yang akan kamu lakukan. Karena sisa anggaran seperti ini yang dapat kamu gunakan untuk menabung untuk persediaan di masa depan.

Anggaran Darurat
Untuk mengantisipasi terjadinya musibah-musibah yang tidak dinginkan, maka ada baiknya kamu dan pasangan untuk membuat satu lagi tabungan khusus yang diperuntukan sebagai anggaran darurat.

Beli Rumah
Rencana untuk memiliki hunian pribadi hanya untuk kamu dan pasangan merupakan target yang mesti kamu capai, oleh karenanya diskusikanlah pada pasangan untuk membuat tabungan khusus yang digunakan untuk membeli rumah. Atau apabila menabung untuk membeli rumah dirasa terlalu lama, maka kamu dapat menggunakan jasa lainnya seperti Kredit Perumahan Rakyat (KPR) yang sering ditawarkan oleh pihak bank.

Diskusikan Secara Terbuka
Berdiskusi secara intens mengenai masalah keuangan bersama pasangan adalah hal yang harus selalu kamu lakukan. Terbukalah kepada pasangan baik itu dalam hal pemasukan maupun pengeluaran keuangan. Karena selain mempererat ikatan yang dimiliki, berdiskusi secara intens kepada pasangan juga dapat membuatmu lebih hemat lagi dalam melakukan pengeluaran keuangan. Karena segala pembelian yang akan kamu lakukan harus senantiasa berkesinambungan terhadap kondisi keluarga. Dan menuntut adanya penekanan pada sektor pengeluaran seperti ini.

Monitor Anggaran Pengeluaran Keuangan Secara Berkala
Sebelum mengeluarkan uang-uang untuk kebutuhan sehari-hari, susunlah terlebih dahulu perencanaan keuangan yang baik. Agar pengeluaran yang dilakukan setiap harinya dapat dipetakan dengan baik. Awasi terus perkembangannya. Karena harga kebutuhan rumah tangga yang semakin lama semakin meningkat, maka pasti akan semakin tinggi pula nilai pengeluaran yang terjadi. Yang perlu kamu dan pasangan lakukan hanya melakukan pengawasan pada sektor pengeluaran seperti ini.

Asuransi
Antisipasi kepada kejadian yang tidak diinginkan pada masa yang akan datang tidak dapat dilakukan hanya dengan menggunakan anggaran darurat semata, tapi juga dibutuhkan dana ekstra lainnya, guna mengantisipasi apabila musibah yang dihadapi memiliki dampak yang jauh lebih besar dari perkiraan, yaitu dengan mengikuti asuransi baik itu asuransi kesehatan, kecelakaan, pendidikan anak, maupun asuransi pensiun. Gunakan sumber dana yang tersedia saat ini untuk berasuransi sebanyak-banyaknya.

Minimalisir Utang
Ketika telah menjalani kehidupan baru sebagai sepasang suami istri, maka kamu tengah memasuki dunia baru yang lebih mandiri dan lebih sulit. Oleh karenanya sebagai langkah awal hentikan kebiasaan masa mudamu yang kerap kali berutang dengan menggunakan kartu kredit. Fokuskan dirimu untuk membangun biduk rumah tangga dengan menahan keinginan memiliki barang-barang mewah.

0 comments: