"Godless" malware baru mengancam android kamu

shares |

Loading...
Google memang menambal lubang keamanan di Android secara rutin sebulan sekali. Namun tetap saja ada malware yang bisa menyusup ke dalam OS robot hijau tersebut.
Yang terbaru adalah Godless, begitu para peniliti di Trend Micro menamakan malware tersebut. Godless disebut bisa men-download dan menginstal aplikasi di ponsel tanpa diketahui pemiliknya, proses ini juga bisa dilakukan secara remote.
"Dengan akses root, malware ini bisa menerima perintah secara remote mengenai aplikasi mana yang akan di-download dan secara diam-diam menginstalnya ke dalam ponsel," tulis Trend Micro dalam keterangannya.
Hal ini menyebabkan ponsel yang terinfeksi akan mendapat aplikasi yang tak diinginkannya, atau lebih parah lagi, disusupi iklan atau bahkan bisa menyimpan aplikasi backdoor atau trojan, demikian dikutip dari Ubergizmo, Jumat (24/6/2016).
Metode penyebaran malware ini adalah dengan menyusup ke dalam aplikasi, yang parahnya termasuk ke dalam aplikasi yang ada di Google Play Store. Secara global, Trend Micro menyebut ada 850 ribu perangkat yang sudah terinfeksi malware ini.
Dari 850 ribu perangkat itu, paling banyak berasal dari India, tepatnya 46%. Sementara di bawahnya ada Indonesia dengan persentase sebesar 10%, dan sejumlah negara Asia Tenggara lainnya.
Namun untungnya, Godless hanya menginfeksi perangkat Android dengan OS Android 5.1 Lollipop ke bawah. Jadi artinya, pengguna perangkat yang menggunakan Android 6.0 Marshmallow bisa bernafas lega.

0 comments: