3 Cara mengamankan akun twitter dari hacker

shares |

Loading...

Twitter telah menyelidiki laporan mengenai bocornya jutaan username dan password milik pengguna. Situs mikroblogging tersebut yakin, informasi yang beredar di 'dark web' dan diperjualbelikan tersebut tidak berasal dari peretasan server Twitter. 

"Nama dan password tersebut mungkin saja merupakan kombinasi data dari beragam aksi peretasan, malware pada perangkat korban yang mencuri password untuk semua situs, atau kombinasi keduanya," klaim Twitter. 

Terlepas dari manapun asalnya, Twitter melalui keterangannya, Senin (13/6/2016) mengatakan akan bertindak cepat untuk melindungi akun Twitter pengguna.

Itu sebabnya, pasca peretasan, Twitter mengamankan sejumlah akun, dengan menguncinya sementara. Pengguna yang mengalami peretasan akan menerima email untuk mereset password mereka. 

"Sejumlah akun Twitter teridentifikasi sebagai akun dengan perlindungan ekstra. Akun yang terpapar akan langsung dikunci dan memerlukan reset password langsung oleh pemilik akun," jelas Twitter.

Twitter menggunakan berbagai metode untuk melindungi platform dan akun pengguna secara berkelanjutan. Metode yang digunakan termasuk melakukan beberapa hal mendasar seperti penggunaan HTTPS di mana saja, serta keamanan untuk email dari twitter.com. Twitter juga mengamankan informasi pemilik akun dengan menggunakan bcrypt.

Tak sampai di situ, Twitter pun melindungi akses ke akun dengan mengevaluasi beberapa hal seperti lokasi, perangkat yang digunakan, dan sejarah login untuk mengidentifikasi akses akun atau perilaku yang mencurigakan. 

Yang harus dilakukan pengguna 

Akun Twitter yang terpapar peretasan akan menerima email yang meminta untuk mengganti password. Akun tersebut tidak akan dapat diakses sampai mereka melakukannya, untuk memastikan akun tersebut tidak diakses orang lain. 

Jika akun Anda termasuk yang terkena dampak hacking, berikut adalah beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk memastikan akun Twitter Anda tetap aman.

1. Aktifkan verifikasi login. Ini adalah cara terbaik yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan keamanan akun Anda. 

2. Gunakan password yang kuat dan tidak Anda gunakan di situs lainnya.

3. Pakai password manager seperti 1Password atau LastPass untuk memastikan, bahwa Anda menggunakan password yang kuat dan unik di mana pun.

0 comments: