Alasan mengapa Xiaomi tidak mengeluarkan Smartphone Tahan Air

shares |

Loading...

Sudah banyak vendor membuat smartphone tahan air. Namun tak berlaku bagi Xiaomi, belum ada satupun handset mereka yang dibekali fitur tersebut. Rupanya ada alasan tersendiri dari produsen asal China ini mengapa tidak mengeluarkan handset tahan air.

Dalam sebuah wawancara, CEO Xiaomi Lei Jun mengungkap alasan perusahaannya enggan merilis smartphone tahan air. Pertama seperti dikutip dari Android Authority, alasan pertama menurutnya smartphone anti air mudah sekali rusak dalam jangka panjang.

Ia menyatakan, kerusakan kecil bisa membuat fitur anti air tidak lagi efektif. Kerusakan bisa terjadi jika terjatuh atau karena sebab lainnya,  hal ini menyebabkan fitur tahan air menjadi tidak efektif menurutnya.

Kemudian sebab kedua, membuat smartphone anti air bisa menambah biaya produksi di kisaran 20% sampai 30%. Itu yang dihindari Xiaomi karena seperti diketahui, salah satu strategi mereka adalah memasang harga agresif/murah. 

Namun Lei Jun menambahkan bukan tidak mungkin Xiaomi akan merilis handset yang tahan air. Syaratnya jika konsumen Xiaomi terindikasi mau membayar harga yang lebih mahal dari banderol biasanya.

Xiaomi memang dikenal efisien dalam mengeluarkan ongkos untuk menekan harga handsetnya semurah mungkin dengan spek setinggi mungkin. Mereka tidak banyak beriklan namun menjual ponselnya secara langsung melalui internet.

0 comments: