Perubahan Blogspot.Com Menjadi Googleblog.com

shares |

Loading...
Assalamualaikum sahabat danifin semua dimanapun anda berada, tahukah kalian yang merasa sebagai blogger bahwa sekarang Google telah memulai proyek terbaru mereka dan beberapa bulan kedepan proyek itu akan segera terlaksana yaitu migrasi/perpindahan besar-besaran semua situs blog google atau yang lebih sering dikenal blogspot.com menjadi googleblog.com.
Menurut John Mueller yang sebagai Google Webmaster Trends Analyst , mengumumkan bahwa "Google mulai melakukan migrasi dari semua blog resmi dari nama domain blogspot.com dan ke nama domain googleblog.com yang terlihat lebih resmi bahwa blog tersebut adalah milik mereka".
Perubahan Blogspot.Com Menjadi Googleblog.com
Mengapa Google melakukan perpindahan atau perubahan tersebut? Alasannya adalah untuk identitas diri yang bertujuan untuk membantu orang mengenali sebuah blog yang resmi dikelola dan dioperasikan oleh Google (Pengin Dikenal).
Migrasinya sendiri dimulai dengan Blog Webmaster Google dengan URL https://webmasters.googleblog.com. Sebelum berubah nama URL aslinya adalah googlewebmastercentral.blogspot.com, dan Google sekarang menggunakan redirect 301 untuk mengarahkan ke webmasters.googleblog.com.
Rencana Google bukanlah sekedar rencana biasa akan tetapi Google berencana migrasi semua blog google(blogspot.com) menjadi googleblog.com selama beberapa bulan ke depan. John Mueller menambahkan , karena alamat-alamat lama akan diatur agar melakukan pengalihan secara otomatis ke domain baru, pengguna tidak perlu mengkhawatirkan bookmark dan link lama.
Akan tetapi satu hal yang harus di perhatikan para blogger adalah RSS feed dan URL komentar tidak akan ter-redirect, sehingga pengguna harus melakukan re-subscribe terhadap URL komentar secara manual. Peralihan masif domain Google mungkin akan berdampak terhadap Search Engine Optimization (SEO) website.
Kabarnya Google juga akan mengganti logo Blogger dengan logo Google di dasboard blog kita nantinya. Oke mungkin itu saja informasi yang bisa saya share untuk teman-teman semuanya, semoga bisa bermanfaat. Tetap semangat dan salam blogger.

0 comments: